Jumat, 23 November 2018

Komitmen Bersama Dalam ISO 9001:2015

Komitmen Bersama Dalam ISO 9001:2015


Dalam kehidupan sehari-hari kita sebenarnya sudah tidak asing dengan istilah Komitmen, komitmen sendiri sering dipakai dalam berbagai bidang kehidupan, mulai dari bidang Dunia kerja, organisasi, dan hubungan sosial. Namun ada beberapa kalangan yang masih asing dengan dengan istilah Komitmen. Apa itu komitmen ? Untuk apa komitmen itu dibuat dan diaplikasikan? Dampak apakah yang ditimbulkan dari sebuah Komitmen ? Baik, mari kita bahas satu persatu dalam pembahasan kali ini.

DEFINISI

Definisi Komitmen adalah suatu keadaan dimana perseorangan/organisasi/perusahaan membuat perjanjian (keterikatan), baik kepada diri sendiri maupun kepada pihak lain yang tercermin dalam tindakan tertentu yang dilakukan secara sukarela maupun tepaksa.

Didalam organisasi/perusahaan, karyawan yang memiliki komitmen organisasi yang tinggi adalah karyawan yang lebih stabil dan lebih produktif sehingga pada akhirnya juga lebih menguntungkan bagi organisasi (Greenberg dan Baron 1993), sedangkan menurut Mowday, Porter, dan Steers (1982) mengatakan bahwa karyawan yang memiliki komitmen organisasi yang tinggi akan lebih termotivasi untuk hadir dalam organisasi dan berusaha mencapai tujuan organisasi.

APLIKASI

Dalam Sistem Manajemen Mutu ISO 9001:2015, Manajemen puncak harus mampu menunjukan kepemimpinan dan komitmennya dengan mengambil tanggung jawab untuk efektifitas sistem manajemen mutu perusahaan, memastikan ketersediaan sumber daya yang dibutuhkan dalam sistem manajemen mutu, serta mempromosikan peningkatan atau pencapaian mutu perusahaan.

Sebuah Komitmen dari seseorang Pimpinan perusahaan sangat berimbas terhadap komitmen yang akan dibangun oleh perusahaan. Karena dengan adanya komitmen dalam peningkatan kualitas atau muu perusahaan juga akan berdampak dengan peningkatan kualitas para karyawan. Inilah fungsinya kenapa sebuah komitmen harus diaplikasikan atau diterapkan karena komitmen manajemen merupakan perihal yang paling mendasar dalam sistem manajemen yang akan dan sedang dibangun atau diimplementasikan.

Dalam dunia kerja komitmen dalam bekerja sangat diperlukan dari semua kalangan guna untuk menjalankan visi misi perusahaan. Serta komitmen terhadap mutu merupakan pelaksanaan yang berorientasi pada kualitas hasil terhadap produk/jasa berupa ukuran baik/buruk, dengan mengutamakan kepuasan terhadap pelanggan.

DAMPAK

Jika dalam sebuah perusahaan tidak menerapkan komitmen bersama, sudah bisa dipastikanbahwa tidak akan tercapainya kualitas atau peningkatan kinerja perusahaan yang baik. Serta rendahnya komitmen menggambarkan kurangnya tanggung jawab Perseorangan/Organisasi /Perusahaan dalam menjalankan tugas dan tanggung jawabnya.

Baik itulah sedikit pemaparan terkait pentingnya komitmen berdasarkan gambaran ISO 9001:2015 Sistem Manajemen Mutu, Semoga sedikit tulisan diatas dapat bermanfaat dan menambah ilmu bagi pembaca. Dan membuka wawasan terhadap pentingnya menjalankan komitmen. Terima Kasih


Catur Wibowo, S.ST

BSC Consulting

Tidak ada komentar:

Posting Komentar